Siklus Atau Konsepsi Kehamilan yang Harus Anda Pahami

Siklus Atau Konsepsi Kehamilan yang Harus Anda Pahami

Konsepsi kehamilan adalah sebuah proses terjadinya kehamilan dengan beberapa tahap yang berlangsung secara alami. Apa saja itu, mari kita bahas lebih lanjut sebagai bahan tambahan pengetahuan bagi anda nantinya sebelum mempersiapkanmasa kehamilan.

Karena ini tentu saja sangat penting, terutama bagi ibu muda yang akan dan baru pertama kali hamil anak pertama alias pengantin baru.

Berikut uraian lengkap, detail mengenai konsepsi kehamilan ini.

Menstruasi

Ini adalah awal dari konsepsi kehamilan secara umum. Namun bukan menjadi patokan yang valid dan nanti akan anda konsepsi lain yang menjadi pendukung.

Kejadian telat datang bulan setelah beberapa hari sebelumnya melakukan hubungan dengan pasangan bisa jadi menjadi tanda kehamilan yang bisa anda gunakan sebagai acuan. Anda bisa menghitung sendiri kondisi ini, dimana andalah yang lebih tau.

Konsepsi selanjutnya adalah Ovulasi

Ketika sel telur berhasil di buahi maka akan terjadi yang namanya ovulasi. Dimana ovulasi ini merupakan sebuah proses sel telur meninggalkan ovarium dan menyisakan satu calon janin. Kemudian setelah itu, sel telur ini akan berpindah ke rahim dengan perjalanan yang sangat cepat kisaran 4-5 hari setelah ovulasi.

Kemuian beberapa hal yang akan terjadi adalah:

  • Rahim sedang mempersiapkan implantasi sel telur.
  • Ovulasi: Sel telur yang matang dilepaskan dari ovarium.
  • Pemindahan sel telur yang matang ke rahim.

Pembuahan

Kemudian yang wajib kalian pahami adalah mengenai pembuahan, ini maksudnya adalah ketika sel telur dibuahi oleh sel sperma . Dalam kebanyakan kasus, ini terjadi sebagai akibat hubungan badan dengan pasangan kalian, di saat mau keluar maka sperma akan di semburkan ke dalam vagina dan menjadi cabang bayi nantinya.

Beberapa hal yang perlu kalian pahami mengenai pembuahan ini:

  • satu sperma akan memasuki sel telur dan membuahinya
  • telur yang telah dibuahi ditanamkan ke dalam lapisan rahim.
  • Telur akan mulai tumbuh.
  • Anda tidak akan mengalami menstruasi selama kehamilan.
  • waktu pembuahan terjadi sekitar 6 hari dari siklus: sel telur hidup selama 1 hari, sel sperma hidup hingga 5 hari.
  • Anda subur sekitar 5 hari sebelum ovulasi dan satu hari setelah ovulasi.

Menstruasi yang pertanda tidak hamil

Jika telur tetap tidak dibuahi, rahim mengeluarkannya bersama dengan selaput lendir. Menstruasi Anda dimulai: tubuh mengeluarkan darah melalui vagina.

Menstruasi berlangsung selama 3 hingga 7 hari. Pada saat ini, siklus baru dimulai.

Menstruasi: Sel telur tidak dibuahi.  Siklus baru dimulai.

Kontrasepsi

Jika saat ini Anda tidak memiliki keinginan untuk memiliki anak , gunakan salah satu metode kontrasepsi baik KB suntik, sviral atau alami.

Nah inilah sekelumit tentang konsepsi kehamilan yang harus anda pahami lebih detail lagi nanti anda bisa konsultasi dengan dokter kandungan.

Related Post