Peran Orang Tua Untuk Terapkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

Peran Orang Tua Untuk Terapkan Pola Hidup Sehat Pada Anak

Warning! Menerapkan pola hidup sehat, sebaiknya bukan hanya ketika Anda atau anggota keluarga sudah merasakan tidak enaknya menjadi pasien rumah sakit. Tapi, mulailah sejak anak-anak Anda masih kecil. Sebagai orang tua, peran Anda akan sangat penting untuk merealisasikannya supaya anak bisa menerapkannya hingga dewasa nanti.

Memang, bukan hal mudah untuk memposisikan diri sebagai orang yang selalu ada dan mendampingi anak menjalankan hidup yang sehat. Paling tidak, peran berikut ini bisa Anda jalankan semaksimal mungkin demi buah hati tercinta.

6 Peran Orang Tua Agar Anak Hidup Sehat

Walaupun tidak sulit, dengan melakukan peran-peran kecil ini Anda akan melihat bagaimana si kecil tumbuh jadi sosok yang sehat dan siap menyongsong masa depan yang lebih baik. Bukan saja dari segi kesehatan, tapi juga dari segi kehidupan bermasyarakat.

  1. Menyediakan Makanan Sehat

Cukup dengan menyediakan makanan sehat setiap hari, sudah memberikan dampak signifikan bagi anak. Pastikan empat sehat lima sempurna dengan variasi yang tidak akan membuat anak bosan, bila perlu ajak anak untuk menentukan menu makanan harian mereka supaya semangat makan lebih terasa.

  1. Memberikan Pemahaman Pentingnya Hidup Sehat

Anak harus diberi pemahaman sedini mungkin tentang efek positif konsumsi makanan sehat secara teratur, olahraga penunjang dan aktivitas sehat lainnya. Dengan begitu, mereka lebih mudah untuk menerapkannya tanpa paksaan.

Jangan lupa juga untuk menjelaskan bagaimana manfaat hidup sehat untuk masa depan mereka, supaya semangat untuk melakukannya jadi lebih terasa.

  1. Mendampingi Anak Olahraga

Pilih olahraga yang disukai anak, untuk dilakukan secara rutin. Dampingi mereka saat melakukannya agar anak merasa bahwa olahraga tersebut juga punya manfaat luar biasa bagi keseharian mereka. Misalnya, bersepeda di pagi atau sore hari atau senam dan yoga di rumah bersama.

  1. Mengajarkan Membersihkan Diri Dengan Lebih Baik

Ketika anak sudah mulai bisa membersihkan diri sendiri, ajarkan cara membersihkan diri yang benar. Baik itu saat mandi dan buang air supaya mereka tahu bahwa bersih itu menyenangkan. Berikan reward ketika anak berhasil melakukannya dengan baik, sebagai upaya untuk membuat mereka benar-benar cinta bersih tanpa harus dipaksa.

  1. Menemani Anak Menjalani Hari Sehatnya

Di awal menanamkan hidup sehat, Anda perlu mendampinginya hingga benar-benar paham dan bisa melakukan semua upaya hidup sehat sendiri.

  1. Jadi Role Model Hidup Sehat

Sebagai orang tua, Anda harus bisa menjadi contoh dan teladan yang baik bagi anak. Terutama ketika menerapkan pola hidup yang sehat, di mana Anda yang harus pertama kali menjalankannya supaya anak lebih mudah untuk meniru dan melakukannya.

Jangan hanya menyuruh anak sehat, sementara Anda melakukan hal tidak baik di depannya. Misalnya, ketika makan Anda menyuruh buah hati makan sayur yang banyak maka Anda juga harus melakukannya. Jadi, yang sehat bukan hanya anak tersayang tapi juga orang tuanya.

Begitu juga ketika Anda menyuruh anak minum susu terbaik untuk tumbuh kembangnya seperti produk Nestle, maka sebaiknya Anda juga mengkonsumsi susu pilihan yang cocok untuk dewasa.

Semoga informasi di atas bisa membantu Anda memahami bahwa, menerapkan pola hidup sehat pada anak butuh peran aktif dari orang tua. Supaya apa yang diterapkan bersama itu bisa menjadi kebiasaan dan bagian dari pola hidup anak hingga sudah dewasa nanti.

Related Post