Penyebab dan Gejala Sakit Gigi Pada Anak

Penyebab dan Gejala Sakit Gigi Pada Anak

Sakit gigi pada anak memang seringkali dialami bahkan dapat mengganggu aktivitas si kecil dan juga berdampak pada semangat dan juga konsentrasinya di sekolah. Menderita sakit gigi bahkan juga dapat menurunkan nafsu makan bahkan si kecil jadi tidak ingin untuk berbicara.

Penyebab Sakit Gigi Pada Anak

Penyebab umum sakit gigi anak harus diperiksa oleh dokter dengan cara memeriksa kondisi gigi. Biasanya sakit gigi pada anak disebabkan oleh kerusakan gigi. Kerusakan gigi ringan dapat diperbaiki dengan tambalan. Namun sakit gigi juga dapat ditandai dengan peradangan seperti gusi merah dan bengkak, erosi gigi akibat bakteri dan asam, atau infeksi gigi dan mulut.

Kerusakan gigi biasanya disebabkan oleh kebersihan gigi yang buruk. Gula dan pati dalam makanan bisa menyebabkan bakteri di mulut merusak gigi. Bakteri di mulut memakan gula dan pati kemudian menghasilkan asam yang bisa dimakan melalui gigi.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan gigi dan sakit gigi pada si kecil. Proses kerusakan gigi merupakan salah satu proses yang paling penting, perlu dicegah atau paling tidak dideteksi sejak dini untuk kemudian diegah dengan memberikan perawatan gigi yang tepat.

  1. Kerusakan Gigi

Ini adalah penyebab paling umum apalagi jika rasa sakit terus berlanjut selama lebih dari satu hari. Anda mungkin melihat bintik-bintik kuning-coklat pada email gigi terutama pada permukaan salah satu gigi geraham.

  1. Abses Gigi

Jika sakitnya parah dan berdenyut-denyut, kerusakan gigi sudah menjadi abses gigi artinya sudah terbentuk nanah di dalam akar gigi sehingga menambah rasa sakit. Hal ini harus segara ditangani agar abses tidak mengikis hingga ke tulang.

  1. Enamel Retak

Menggigit benda keras secara tidak sengaja dapat merusak gigi dan menyebabkan sakit gigi pada anak. Hal ini dapat menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif terhadap cairan panas dan dingin. Gigi memang terlihat normal, tetapi akan ada garis patah di bawah garis gusi.

  1. Penyakit Gusi

Radang gusi atau gingivitis juga dapat menyebabkan sakit gigi. Jika Anda lalai menyikat gigi dan menggunakan benang gigi, gusi Anda bahkan bisa mudah berdarah sehingga akan sakit.

  1. Sisa Makanan

Makanan keras yang tersangkut di antara dua gigi juga dapat menyebabkan gigi sakit dan untuk menguranginya tentu harus mengeluarkan makanan keras tersebut.

Gejala Sakit Gigi pada Anak

Sakit gigi anak mungkin disebabkan karena terlalu banyak mengonsumsi minuman atau makanan dengan terlalu banyak gula (seperti permen atau cokelat) tanpa pembersihan gigi yang benar. Tanda dan gejala yang menunjukkan masalah gigi adalah nyeri saat menggigit atau mengunyah.

Gigi juga akan lebih sensitif terhadap perubahan suhu, pembengkakan pada pipi atau gusi di dekat gigi, gusi berdarah, dan pendarahan yang terus menerus. Ibu bisa mengunjungi Orami Magazine untuk informasi tentang sakit gigi pada anak yang lebih lengkap.

Related Post