Mau Kuliah Jurusan Arsitek? Siapkan 4 Hal Ini

Mau Kuliah Jurusan Arsitek

Profesi Arsitek di Indonesia cukup populer, hal ini dikarenakan kesulitan yang harus di hadapi para mahasiswa jurusan arsitektur yang cukup berat, dan prospek karir yang cemerlang. Maka dari itu menjadi seorang arsitek bisa dikatakan cukup menjanjikan. Oleh sebab itu untuk kamu yang memiliki minat yang kuat untuk mengambil jurusan arsitektur tidak ada salahnya untuk mempersiapkan hal-hal yang dapat membantu kamu di masa perkuliahan nanti, apa saja persiapan tersebut? simak ulasan di bawah ini.

  • Mencari Universitas

Tiap universitas memiliki jurusan unggulan mereka masing-masing oleh karena itu memilih kampus yang mana jurusan arsitek menjadi unggulannya merupakan pilihan yang cukup ideal. Sebenarnya kamu bisa saja memasuki kampus atau universitas yang mana arsitek tidak menjadi unggulan mereka, akan tetapi melanjutkan studi di universitas unggulan akan memberikan kamu peluang lebih besar di dunia kerja nanti. Kamu dapat mencari universitas dengan jurusan arsitektur yang memiliki akreditasi A sebagai patokan kamu.

  • Belajar Memecahkan Masalah

Apabila kamu beranggapan bahwa kamu ahli dalam menggambar dan menghitung lalu kamu akan mudah untuk masuk jurusan arsitek tidak sepenuhnya benar. Mungkin kamu akan merasa mudah pada saat menjalani ujian dan semacamnya akan tetapi, pada praktek lapangan kemampuan dalam memecahkan masalah menjadi salah satu faktor utama yang di pertimbangkan. Hal ini dikarenakan para arsitektur akan di hadapi berbagai macam masalah yang berbeda di projek yang berbeda pula. Pemecahan masalah bisa di asah melalui banyaknya pengetahuan seperti mengetahui harga kabel tray terbaru, mengetahui bahan bangunan yang murah dan berkualitas dan masih banyak lagi. Kamu bisa melatih kemampuan dalam memecahkan masalah dengan mengikut organisasi di kampus.

  • Traveling

Ya kamu tidak salah dengar, traveling bisa membantu kamu dalam mempersiapkan diri kamu untuk terjun ke dunia arsitektur. Bagaimana bisa? Perjalanan kamu harus memiliki tujuan yakni melihat berbagai macam gedung dengan bentuk yang unik yang ada di Indonesia dan dunia. Dengan begitu kamu akan selalu berfikir dan mencari tahu bagaimana komposisi dan bangunan dengan bentuk unik tersebut di buat. Maka dari itu kamu bisa mulai liburan kamu ke tempat-tempat tersebut.

  • Magang

Setelah kamu lulus nanti atau pada saat kuliah pun kamu bisa mengambil program magang terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan magang merupakan simulasi proses kerja nyata yang akan kamu hadapi nanti. Seorang fresh graduate biasanya sedikit susah untuk mendapatkan pekerjaan pertama mereka, melalui program magang selain kamu dapat belajar banyak hal di perusahaan tersebut, pengalaman magang kamu akan membantu kamu dalam mencari pekerjaan nanti.

Menjadi arsitek bukan melulu soal gaji, anggap gaji tersebut sebagai bonus. Seorang arsitek harus memiliki kecintaan terhadap pekerjaan mereka seperti menghitung, menggambar, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa memperbanyak pengetahuan kamu tentang alat bangunan seperti besi, beton, gergaji, dan bahan bangunan yang lainnya, sebagai persiapan kamu ke depan.

Related Post