Inilah Berat Ideal Janin 32 Minggu dan Beberapa Perkembangannya

Inilah Berat Ideal Janin 32 Minggu dan Beberapa Perkembangannya

Di saat memasuki usia kehamilan 8 bulan atau 32 minggu, ada perkembangan janin yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Berat ideal janin 32 minggu adalah sekitar 1,7 kilogram. Pada usia ini, janin akan lebih sering melakukan gerakan yang intens. Namun, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena siklus tidur janin memang semakin pendek.

Perkembangan Pada Janin

Seperti telah disebutkan sebelumnya, janin yang sudah berusia 32 minggu akan lebih sering bergerak aktif. Janin sudah mulai bisa bernapas, menelan, menghisap, dan menendang. Organ-organ pencernaannya juga berfungsi dengan baik. Karena siklus tidur janin yang singkat, yakni sekitar 20 hingga 40 menit saja per hari, gerakannya mulai intens.

Selain itu, perkembangan yang cukup terlihat mencolok adalah adanya perkembangan yang pesat pada otak bayi. Beberapa bagian-bagian otak terkait dengan pancainderanya berkembang dengan baik. Oleh karena itu, pendengaran dan penglihatan calon bayi jauh lebih baik jika dibandingkan dari minggu sebelumnya. Hanya saja, organ paru-parunya belum berkembang baik dan akan sempurna di usia 36 minggu.

Makanan yang Harus Diperhatikan Calon Ibu

Dari perkembangan tersebut, ada beberapa makanan yang harus diperhatikan oleh ibu hamil agar tidak mengganggu kesehatan janin. Makanan yang paling direkomendasikan adalah yang mengandung zat besi. Tidak sedikit ibu hamil di usia 32 minggu sering merasa kelelahan. Hal ini dikarenakan oleh kurangnya konsumsi makanan yang mengandung zat besi.

Beberapa makanan yang mengandung banyak zat besi antara lain dari daging dan ayam. Untuk camilan, ibu hamil dapat mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan yang juga kaya akan protein dan serat. Lalu, di usia kehamilan ini, ibu akan lebih sering mengalami morning sickness. Untuk mengatasinya, sebaiknya mengonsumsi buah pepaya.

Perubahan Tubuh pada Ibu Hamil

Lalu, apa saja perubahan yang terjadi pada ibu hamil di usia kehamilan ini? Hal yang cukup terlihat jelas adalah perutnya yang semakin membesar. Saat itu, ibu hamil akan sering merasa gatal dan kulit akan terasa mengering. Tidak jarang juga ibu juga mengalami kram perut yang diakibatkan oleh perubahan pada rahim serta sesak napas.

Selanjutnya, kemungkinan cairan kolostrum berwarna kuning akan keluar di usia kehamilan ini. Keluarnya kolostrum ini merupakan tanda bahwa produksi ASI dari ibu hamil sudah mulai membaik. Ibu hamil juga akan sering merasa tidak nyaman ketika terlalu lama duduk karena adanya tekanan pada paha dan panggul.

Nah, itulah tadi beberapa perkembangan yang terjadi pada janin di usia 32 minggu beserta apa yang dialami oleh ibu hamil. Karena usia ini mendekati bulan-bulan melahirkan, kondisi ibu hamil benar-benar harus dijaga dan perlu lebih sering untuk memeriksakan kandungan di dokter kandungan. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, baik saat mengandung maupun ketika melahirkan nanti.

Related Post