5 Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Bagi Anak

5 Manfaat Melakukan Aktivitas Fisik Bagi Anak

Aktivitas fisik merupakan kegiatan rutin yang harus Anda lakukan dengan anak setiap hari. Terlalu banyak duduk, bermain ponsel, menonton televisi, atau aktivitas yang tidak membutuhkan gerak lain bisa membahayakan kesehatan. Anda jelas tidak ingin si kecil tumbuh dengan badan yang tidak bugar, bukan? Kegiatan anak di rumah bisa menjadi solusi agar anak melakukan aktivitas fisik yang bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat melakukan aktivitas fisik

Obesitas merupakan masalah yang acap dialami sebagian besar anak di era modern. Terlalu banyak diam atau memainkan perangkat elektronik menjadi faktor penyebab utama. Anda harus memilih kegiatan anak di rumah yang berbau aktivitas fisik yang melibatkan anggota gerak. Yuk, simak 5 manfaat melakukan aktivitas fisik untuk anak berikut!

1.  Meningkatkan kekuatan otot

Anak-anak dalam masa pertumbuhan perlu latihan fisik untuk meningkatkan kekuatan otot tubuh. Bermain engklek, bersepeda, lompat tali, dan aktivitas olahraga ringan bisa menjadi pilihan untuk anak-anak.

2.  Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan tubuh

Pada masa pertumbuhan, kekuatan fisik anak akan terus berkembang seiring usia. Tentu Anda bisa memberikan motivasi dan dorongan agar anak memiliki tingkat koordinasi dan keseimbangan tubuh yang baik lewat aktivitas fisik. Pilih aktivitas fisik yang menyenangkan sekaligus meningkatkan kemampuan koordinasi tubuh tersebut.

3.  Meningkatkan kualitas tidur

Olahraga bisa membuat anak merasa lelah, tetapi hal itu bermanfaat dalam mendukung kualitas tidur. Jika Anda punya anak yang susah tidur malam hari, coba ajak dia bersepeda sore atau melakukan aktivitas fisik. Setidaknya anak yang merasa lelah bakal lebih cepat tidur malam harinya.

4.  Merangsang kemampuan belajar dan sosialisasi

Dalam melakukan aktivitas fisik, anak bisa berlatih dengan orangtua, saudara atau teman sebaya. Permainan sederhana bisa merangsang kemampuan sang anak belajar dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Kemampuan komunikasi dan bahasa mereka cenderung lebih baik dibandingkan anak-anak yang jarang bermain atau bergaul dengan orang lain di luar ruangan.

5.  Menjaga tubuh tetap sehat

Orangtua perlu menekankan kegiatan fisik di rumah untuk menjaga tubuh tetap prima. Tubuh yang bugar membuat anak lebih sehat dan jarang terkena penyakit seperti anak yang minim olahraga. Organ dalam tubuh bisa terjaga dan memiliki kinerja yang lebih baik kemudian hari, misalnya jantung dan paru-paru. Setidaknya Anda bisa meningkatkan kualitas organ dalam si kecil agar terbebas dari risiko penyakit kronis kelak.

Beberapa kegiatan anak di rumah bisa Anda lakukan bersama sebagai langkah pengawasan. Hindari memilih jenis permainan fisik yang tidak sesuai dengan usia anak. Ada baiknya Anda mengenalkan jenis permainan yang memang menarik minat si kecil sejak dini, misalnya bermain bola, main bulutangkis dan sebagainya. Kini Anda bisa membuat jadwal khusus untuk anak melakukan aktivitas fisik bersama ditengah kesibukan yang padat, ya!

Related Post