5 Manfaat Bermain Lego City untuk Melatih Ketangkasan Anak

Manfaat Bermain Lego City

Masa kanak kanak adalah masa yang indah untuk mereka bisa bermain dengan bebas dan leluasa tapi tetap harus berada dalam kontrol orang tua.

Banyak sekali jenis permainan anak sekarang ini yang bisa dibeli dengan sangat gampang dengan harga yang terjangkau. Anda bisa memilih sampai dengan ratusan jenis mainan anda di marketplace dengan berbagai genre dan salah satu yang populer adalah mainan Lego City ini.

Tentu saja sangat penting orang tua memilih dan memilah mana permaianan yang cocok bagi anda mereka berdasarkan usianya. Kemudian juga dari sisi manfaat dalam melatih perkembangan otak si anak menjadi lebih berkembang pesat, maka dari itu terkadang memilih permainan menjadi hal yang sangat penting di lakukan.

Banyak orang tua asal asalan membelikan mainan kepada anaknya, sehingga sang anak cepat bosan atau mainan cepat rusak. Nah Lego City ini adalah salah satu jenis mainan yang sangat tahan lama, tahan air, tahan pecah dan harganya juga sangat murah disamping banyak manfaat yang akan anak anda dapatkan salah satunya meningkatkan kecerdasan mereka.

Jika kita perhatikan dari segi bentuk Lego sendiri adalah salah satu jenis permainan yang konstruktif diamana semua jenis permaianan yang melebiatkan kemampuan ini akan membuat anak menjadi lebih produktif dan mengasah perkembangan otak mereka.

Menyusun keping kepingan lego yang banyak menjadi satu buah bangunan rumah, kemudian robot, sampai dengan bentuk lain tidaklah mudah memang. Sang anak harus beberapa kali mencoba sampai menemukan susunan yang membuat mereka puas, disinilah proses kerja otak anak akan terlus berjalan.

Baik, setidaknya ada beberapa manfaat bermain Lego City yang bisa berguna sekali bagi anak anak, apa saja itu ? mari kita bahas satu persatu.

  • Mengenalkan warna sejak dini pada anak

Anda dengan mudah memberikan pelajaran sederhana mengenal berbagai macam warna sambil mengajak anak anda bermain lego. Lego ini dibuat memang sangat menarik, dari sisi warna yang cerah dan banyak varian membuat anak anak sangat antusias bermain lego.

Sambil menyusun lego, katakan pada anak anda, ambil yang warna biru, merah, kuning hijau maka beberapa kali pengulangan sang anak akan hafal dengan mudah hanya masalah warna saja.

Selain itu anda sisipkan juga pengenalan terhadap bentuk, ini kota persegi, persegi panjang karena lego sendiri ada dua jenis kotaknya.

  • Meningkatkan keterampilan motorik

Dalam permainan lego ini anak anda akan mendapatkan pelatihan sederhana bagiaman ia tidak sadar jika pelatihan dalam peningkatan kemampuan motirik halus sudah anda ajarkan dengan permainan ini.

Keterampilan motorik halus dalam bermain lego terbentuk ketika sang anak sedang asik melakukan proses penyusunan lego menjadi sebuah bentuk yang ia inginkan. Ada tekanan disana, ada akurasi ketepatan susunan dan keliahian dalam penempatan.

  • Meningkatkan kreativitas sang anak

Kemudian manfaat lain adalah anak anda akan tumbuh menjadi anak yang kreatif. Dari lego mereka belajar menyusun banyak kepingan menjadi sebuah satu benda yang utuh seperti masjid misalkan.

  • Menumbuhkan rasa percaya diri

Anak yang bermain lego akan lebih percaya diri. Pasalnya dia sudah bisa membuat sebuah bangunan rapi hanya bermodalkan kepingan lego saja. Kepuasan anak ini akan memberikan efek semakin meningkatnya percaya diri pada sang anak.

  • Melatih ketangkasan alat indra

Yang terakhir adalah bermain lego akan melibatkan fungsi kerja mata, tangan dan pikiran serta insting. Ini adalah cara terbaik dalam menstimulus kerja beberapa organ tubuh, alat indra bekerja secara bersamaan sehingga perkembangan motrik anak akan terbentuk dengan sangat alami.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *